Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Youtuber For Dummies karya Deddy Corbuzier

By Abdul Hakim

Ilustrasi Konten

Adakah di antara Anda yang dalam sehari atau seminggu tak menonton youtube? Atau malah sebaliknya, Anda tak bisa lepas dari youtube?

Sampai Juli 2021, ada lebih dari 2 Miliar pengguna aktif youtube sekaligus menempati peringkat ke dua situs teratas di Alexa. Begitupun dengan pandemi yang kali ini masih hadir. Kanal video semacam youtube menjadi alternatif pilihan, baik untuk hiburan maupun menemukan informasi penting.

Master Corbuzier yang pada Juli 2021 telah memiliki 15 juta lebih subscriber. Setidaknya telah mengenalkan kita tentang media youtube yang akan berkembang cukup pesat. Bahkan sejak 2018, saat buku Youtuber For Dummies yang ditulisnya muncul ke permukaan.

Barangkali saya sendiri cukup telat membaca buku ini. Saya pun membaca judul ini versi digital, lewat aplikasi iPusnas. Tujuan awal saya mengunduh iPusnas pun memang untuk membiasakan diri membaca buku secara digital/ebook. Setelah nonton salah satu konten Master Corbuzier di kanal youtubenya. Saya yang baru mengunduh iPusnas, mengetikkan namanya dan ebook ini pun berhasil saya pinjam dari aplikasi tersebut. Jujur saja, saya lebih terbiasa membaca buku dengan bau kertas. Namun karena teknologi digital yang terus berkembang. Bagaimanapun, saya perlu ikut mencoba wahana bacaan digital ini. Dan inilah ebook pertama yang saya baca dengan benar-benar tuntas.

Ebook ini memiliki 13 sequence dengan karakter pembahasan masing-masing. Sebut saja di sequence one, yang menunjukkan fakta unik bagaimana youtube mulai berdiri. Dengan tokoh-tokoh pentingnya: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Termasuk momen-momen penting seperti video pertama yang diunggah ke youtube pada 2005, dan pembelian saham oleh Google setelah 18 bulan youtube diciptakan. Master Corbuzier tak sekadar menunjukkan step by step belajar jadi youtuber sukses hanya pada persoalan alat yang perlu kita persiapkan. Melainkan pada pengetahuan yang perlu kita kenal lebih dulu, hingga youtube bisa berkembang sampai saat ini.

“Bahkan istilah-istilah seperti netizen (warganet) seakan-akan menjadi sebuah populasi tersendiri, semacam makhluk yang menempati kehidupan di tempat lain. Bisa dibilang internet menjadi “bumi” baru mendampingi bumi yang sesungguhnya.”

Sebagai buku panduan, setiap sequence membawa pembaca pada runtutnya pembahasan yang mudah dipahami. Selain fakta unik tentang youtube itu sendiri, Master Corbuzier juga menunjukkan banyak hal: seperti ketakutan yang dihadapi oleh youtuber pemula, bagaimana memulai youtube, tipe-tipe video youtube, edit video, sampai perihal promosi.

“Maybe you can’t be the first, but the best!”

Bagi saya secara personal, selain pembahasan fakta unik tentang youtube itu sendiri yang membuat saya tertarik. Pembahasan tentang niche untuk kanal youtube cukup menarik perhatian saya. Niche tak hanya berperan untuk blogger, tetapi juga youtuber. Sesuatu yang membuat penonton loyal akan kembali pada kanal youtube Anda. Bukan sekadar agar muncul di jajaran trending, tetapi hal yang berangkat dari diri Anda sendiri. Master Corbuzier pun memberikan contoh youtuber yang sukses karena nichenya, bukan youtuber yang random.

Bahkan, teknik 5W 1H yang biasa digunakan oleh para jurnalis, ternyata juga penting lho untuk konten para youtuber. Master Corbuzier pun menunjukkan bukti bagaimana topik kuliner seperti donat, bisa menjadi banyak konten yang menarik menggunakan teknik ini.

Ebook ini tidak berangkat dengan sekumpulan kata yang memenuhi sebuah halaman. Melainkan hanya menampilkan paragraf-paragraf paling penting untuk setiap halamannya. Dengan tambahan ilustrasi berwarna yang cukup memikat. Tentu saja semacam membaca komik yang menghibur atau ensiklopedia yang kaya akan pengetahuannya. Peran-peran penting dalam karya ini sangatlah perlu untuk disebutkan, seperti Imran Laha (ilustrator), InnerChild Studio (pewarnaan), Deesis Edith M. (Editor), Aditya Ramadita (Desain), dan tentu saja Bhuana Ilmu Populer sebagai penerbitnya.

Secara personal, Youtuber for Dummies karya Master Deddy Corbuzier ini membuat saya pada akhirnya bisa menikmati ebook. Setelah berulangkali gagal-tuntas membaca ebook, karena kekuatan membaca saya kurang baik untuk media digital. Bagi pembaca yang ingin menjadi youtuber, karya Master Corbuzer amatlah cukup untuk melihat tanda-tanda bagaimana youtuber yang akan sukses. Tak sekadar panduan, karya ini juga memanjakan mata dengan ilustrasinya. Kalau nggak dapat buku fisik, santuy aja, ada di iPusnas kok, sekalipun kadang cukup sulit mendapatkannya, karena rebutan dengan peminjam lain. Hehe. (*)

Posting Komentar untuk "Youtuber For Dummies karya Deddy Corbuzier"

    Dapatkan cashback reksa dana dari Bibit senilai Rp 25,000. Masukkan kode referral kopikim saat pendaftaran. Download Sekarang